Hari AIDS Sedunia 2008


“Yang Muda Yang membuat Perubahan

Menurut Dinas Kesehatan Jawa Barat menyebutkan bahwa tahun 1989 hingga Maret 2008 terdapat kasus HIV/AIDS 1576 di Kota Bandung, 50 % lebih pada usia produktif. Bila merujuk pada fenomena gunung es (dark number) di mana Badan Kesehatan Dunia, WHO, menyatakan bahwa 1 kasus HIV yang terlaporkan sebanding dengan 100 kasus, artinya dapat diperkirakan ada sekitar 157.600 kasus yang belum terungkap. Angka tersebut hanyalah gambaran 1 dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Selama ini remaja tidak termasuk dalam agenda prioritas dalam penanggulangan HIV-AIDS. Akibatnya sedikit sekali perhatian dan informasi mengenai HIV-AIDS yang diberikan kepada mereka. Padahal semakin banyak remaja yang terkena dampak langsung HIV-AIDS, remaja yang menjadi yatim-piatu karena orang tuanya meninggal oleh AIDS, dan kemungkinan bayi lahir dengan HIV karena perempuan atau ibu yang terinfeksi HIV.

Memandang peroslan-persoaln diatas, Yayasan Kriyamedia Komunika dan 25 Messengers beserta 11 kelompok remaja yang concern terhadap persoalan remaja dan HIV/ AIDS serta Adiksi, dalam rangka memperingati Hari AIDS Dunia melakukan Long March dari Jl. Cikapayang (bawah jembatan PASOPATI) menuju Bali Kota Bandung. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali masyarakat Bandung—khususnya remaja, untuk waspada terhadap masalah AIDS dan mendorong pemerintah kota Bandung untuk lebih memperhatikan persolan-persoalan remaja. Melalui tema Yang mudalah yang akan membuat perubahan. Bagaimanapun juga remaja adalah generasi penerus bangsa. Remaja adalah penentu masa depan, menuju arah yang lebih baik ataukah arah yang lebih buruk? (DJ)



foto : Kompas

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Hari ini ya?
Waaahh..., semoga anak-anak yang terkena HIV/AIDS bisa tetep kuat dan bisa berkaya untuk bangsanya ya...

Anonim mengatakan...

ha..ha. kunjungi mlam nihh

Anonim mengatakan...

aq comeni lagi nihhh

Anonim mengatakan...

haloo salam kenal...

Powered By Blogger